Skip to main content

MEMORATORIUM AKREDITASI SATUAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) TAHUN 2020

MANFAAT AKREDITASI SATUAN PAUD DIKMAS (PNF)

Adapun manfaat dari akreditasi untuk satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Satuan Pendidikan Masyarakat (Dikmas) pendidikan Non Format (PNF) adalah sebagai berikut :

1. Mendorong Satuan PAUD dan Dikmas agar selalu berupaya meningkatkan mutu program PAUD dan Dikmas secara berkelanjutan, terencana, dan kompetitif di tingkat kabupaten/kota, provinsi, regional, nasional, bahkan internasional.

2. Memanfaatkan semuya informasi hasil akreditasi yang handal dan akurat sebagai umpan balik dalam upaya meningkatkan kinerja satuan PAUD, Dikmas, dan Kursus.


Memoratorium Akreditasi dan BAN PAUD dan PNF Tahun 2020

1. Memasuki tahun 2020, pemerintah menetapkan memoratorium (penundaan) akreditasi dan di saat yang bersamaan muncul pandemi Corona Virus Disease 19 (Covid-19);

2. Kebijakan moratorium memberikan kesempatan kepada BAN PAUD dan PNF untuk melakukan peninjauan kembali seluruh sistem dan kelengkapan perangkat akreditasi;

3. Kondisi pandemik Covid-19 yang belum kunjung reda mengharuskan penyelenggaraan kegiatan BAN PAUD dan PNF dilakukan dengan menerapkan tata cara kerja bekerja dari rumah (Work From Home) dan bekerja dan kantor (Work From Office);

4. BAN PAUD dan PNF pada tahun 2019 telah berhasil memperbarui dan mengembangkan dengan mengimplementasikan Instrumen akreditasi EDS-PA basis Compliance dan Instrumen Penilaian Visitasi berbasis performance.

Demikian memoratorium akreditasi satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) 2020, Semoga informasi singkat ini bermanfaat. Terimakasih sudah berkunjung di blog PAUD-Anakbermainbelajar ini. Semoga Sukses selalu. 

Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBUAT SENDIRI ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE) UNTUK PAUD-TK

PAUD-AnakBermainbelajar--- Alat Permainan edukatif (APE) adalah alat permainan yang sengaja dirancang secara khusus untuk kepentingan pendidikan. Media Pembelajaran APE untuk anak Pada umumnya pengembangan APE berakar pada jenis permainan yang telah dikembangkan lebih dahulu oleh para pakar dari negara maju. Beberapa jenis APE merupakan hasil kreasi guru sediri yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi lingkungan setempat. Berikut beberapa Jenis APE yang dirancang berdasarkan konsep Pendidikan anak usia dini. Untuk kegiatan pembelajaran di PAUD dan Taman Kanak-kanak, Alat Permainan Edukati - APE juga dapat dipilih dan dirancang sendiri oleh guru-pendidik PAUD dengan memanfaatkan bahan dan media alternatif dari bahan-bahan yang ada dilingkungan sekitar kita. Dalam kenyataannya selama ini banyak guru dan pendidik PAUD sering kali tidak dapat memilih alat permainan edukatif yang tersedia. Kesulitan guru dalam memilih APE yang sesuai bukan disebabkan oleh ketidak mampuan guru dalam me...

CONTOH KARTU IURAN SUMBANGAN PEMBAYARAN SPP PAUD-TK

PAUD-Anakbermainbelajar ----Sekolah Pendidikan Anak Usia Dini PAUD pada jenjang Kelompok Bermain (KB) dan Taman Kanak-kanak (TK), dalam mendukung jalannya kegiatan pembelajarannya memang sangat membutuhkan dukungan dari masyarakat, terutama untuk honor guru di TK-PAUD swasta. Di sekolah swasta honor guru di sisihkan dari pendapatan lembaga sekolah, diantaranya dari iuran siswa (SPP) sehingga sekolah sangat terbantu untuk membayar honor guru jika keuangan dari orangtua murid itu. Berikut contoh Kartu Iuran sumbangan pembayaran SPP untuk PAUD dan TK yang dapat dibuat oleh lembaga, agar memudahkan bagi sekolah dan orang tua dalam hal pembayaran SPP anaknya. Download Cetakan Kartu Iuran - SPP PAUD dan TK Format MS Word-Excel  di bawah ini : Kartu-Iuran-SPP-Contoh- Lembaga TK-Taman Kanak-kanak !! Link Kartu-Iuran-SPP-Contoh- Lembaga PAUD !! Link   Demikanlah tentang contoh kartu iuran sumbangan pembayaran SPP PAUD dan Taman Kanak-kanak, yang dapat admint blog paud-anakbermainbela...

CARA MEMBUAT VISI, MISI, DAN TUJUAN LEMBAGA PAUD-TK YANG BAIK DAN BENAR

PAUD-Anakbermainbelajar -----Visi dan misi pada sebuah lembaga PAUD dan Taman Kanak-kanak, sangat mutlak diperlukan. Hal ini menyangkut bagaimana sebuah lembaga itu berjalan sesuai dengan visi dan misi serta tujuan yang telah ditetapkan. Visi dan misi lembaga tidak asal dibuat untuk dijadikan pajangan di sebuah lembaga, tetapi menjadi acuan penting dalam berjalannya program dan kegiatan lembaga PAUD yang bersangkutan. Pengertian visi dan misi sendiri ada beragam pendapat, beberapa ahli melihat sesuai dengan sudut pandang dan bidang mereka yang dapat kita simpulkan bahwa : Visi visi dalam lembaga pendidikan adalah gambaran proyeksi kedepan berupa pandangan, cita-cita, harapan, dan keinginan lembaga yang ingin diwujudkan di masa mendatang. Misi misi adalah pernyataan berupa tindakan atau upaya yang harus dilakukan dalam mewujudkan visi, oleh karena itu misi merupakan penjabaran operasional dari visi. Adapun fungsi misi yaitu: a.    Sebagai pijakan dalam merumuskan tujuan b....