Skip to main content

CARA MEMBUAT VISI, MISI, DAN TUJUAN LEMBAGA PAUD-TK YANG BAIK DAN BENAR

PAUD-Anakbermainbelajar-----Visi dan misi pada sebuah lembaga PAUD dan Taman Kanak-kanak, sangat mutlak diperlukan. Hal ini menyangkut bagaimana sebuah lembaga itu berjalan sesuai dengan visi dan misi serta tujuan yang telah ditetapkan. Visi dan misi lembaga tidak asal dibuat untuk dijadikan pajangan di sebuah lembaga, tetapi menjadi acuan penting dalam berjalannya program dan kegiatan lembaga PAUD yang bersangkutan.

Lembaga PAUD, manajemen PAUD, bahan PG-PAUD

Pengertian visi dan misi sendiri ada beragam pendapat, beberapa ahli melihat sesuai dengan sudut pandang dan bidang mereka yang dapat kita simpulkan bahwa :

Visi

visi dalam lembaga pendidikan adalah gambaran proyeksi kedepan berupa pandangan, cita-cita, harapan, dan keinginan lembaga yang ingin diwujudkan di masa mendatang.

Misi

misi adalah pernyataan berupa tindakan atau upaya yang harus dilakukan dalam mewujudkan visi, oleh karena itu misi merupakan penjabaran operasional dari visi.

Adapun fungsi misi yaitu:
a.    Sebagai pijakan dalam merumuskan tujuan
b.    Sebagai tindakan nyata untuk mewujudkan visi
c.    Merupakan bentuk komitmen dari pihak-pihak yang berkepentingan
d.    Sebagai alat untuk mengarahkan perumusan strategi dan pelaksanaan
e.    Sebagai motivasi dan pembangkit semangat kebersamaan dalam organisasi.


Tujuan

Tujuan yaitu sasaran yang akan dicapai oleh seseorang atau sekelompok orang yang melakukan sesuatu kegiatan. Tujuan merupakan penjabaran dari pernyataan misi yaitu sesuatu yang akan dicapai atau dihasilkan dalam jangka waktu yang telah ditentukan.

Jika visi dan misi terkait dengan jangka waktu yang panjang, tujuan dikaitkan dengan jangka waktu yang pendek, yaitu kurang lebih 3 sampai dengan 5 tahun. Dengan demikian, tujuan pada dasarnya merupakan tahapan wujud sekolah menuju visi yang telah dicanangkan.

Sedangkan Fungsi  Tujuan tersebut yaitu:
  • Sebagai tahapan wujud Lembaga PAUD-TK menuju visi yang telah dicanangkan.
  • Untuk menjelaskan apa yang ingin dicapai dalam upaya pengembangan Lembaga PAUD-TK pada kurun waktu menengah (misalnya dalam kurun waktu 3˗5 tahun).
  • Sebagai acuan dalam menyusun sasaran dan program selanjutnya.
Di atas adalah uraian secara ringkas tentang visi, misi dan  tujuan dari lembaga PAUD. Selanjutnya kita akan melihat bagaimana seharusnya sebuah lembaga PAUD dan Taman Kanak-kanak menyusun sebuah Visi, Misi dan Tujuan lembaganya. 

Dalam merumuskan visi misi, dan tujuan ada beberapa hal yang harus dijadikan pertimbangan, antara lain yaitu :

Dalam merumuskan visi harus mempertimbangkan :
  1. Visi harus dapat memberikan panduan/arahan dan motivasi.
  2. Visi harus disebarkan di kalangan anggota organisasi (stakeholder)
  3. Visi harus digunakan untuk menyebarluaskan keputusan dan tindakan organisasi yang penting
  4. Visi berorientasi ke masa depan (jangka waktu yang lama).
  5. Visi menunjukkan keyakinan masa depan yang jauh lebih baik, sesuai dengan norma dan harapan masyarakat.
  6. Visi mencerminkan standar keunggulan dan cita-cita yang ingin dicapai.
  7. Visi mencerminkan dorongan yang kuat akan tumbuhnya inspirasi, semangat, dan komitmen warga Lambaga PAUD dan TK dan sekitarnya.
  8. Visi mampu menjadi dasar dan mendorong terjadinya perubahan dan pengembangan Lambaga PAUD dan TK ke arah yang lebih baik.


Sedangkan Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam merumuskan misi  antara lain:
  1. Pernyataan misi Lambaga PAUD dan TK harus menunjukan secara jelas mengenai apa yang hendakdicapai oleh Lambaga PAUD dan TK.
  2. Rumusan misi Lambaga PAUD dan TK selalu dalam bentuk kalimat yang menunjukkan “tindakan” dan bukan kalimat yang menunjukkan “keadaan” sebagaimana pada rumusan visi.
  3. Satu indikator visi dapat dirumuskan lebih dari satu rumusan misi. Antara indikator visi dengan misi harus ada keterkaitan atau terdapat benang merahnya secara jelas.
  4. Misi Lambaga PAUD dan TK menggambarkan tentang produk atau pelayanan yang akan diberikan pada masyarakat (siswa).
  5. Kualitas produk atau layanan yang ditawarkan harus memiliki daya saing yang tinggi, namun disesuaikan dengan kondisi Lambaga PAUD dan TK.
  6. Misi harus mampu menggambarkan berbagai kepercayaan dan nilai˗nilai yang dianut oleh Lambaga PAUD dan TK/ madrasah.
  7. Statement misi harus berorientasi ke masa depan dan mampu menggambarkan Lambaga PAUD dan TK/ madrasah pada masa yang akan datang dengan berpijak pada apa yang telah ada.
  8. Statement misi harus fokus pada pencapaian visi.
  9. Statement misi merupakan statement yang singkat dan padat tidak lebih dari dua kalimat.


Adapun Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam merumuskan tujuan Lambaga PAUD dan TK, antara lain:
  1. Tujuan Lambaga PAUD dan TK harus memberikan ukuran yang spesifik dan akuntabel (dapat diukur).
  2. Tujuan Lambaga PAUD dan TK merupakan penjabaran dari misi, oleh karena itu tujuan harus selaras dengan visi dan misi.
  3. Tujuan Lambaga PAUD dan TK menyatakan kegiatan khusus apa yang akan disesaikan dan kapan diselesaikannya.
  4. Tujuan harus tampil sebagai representasi harmonis dari jabaran visi, misi dan nilai-nilai yang tumbuh di dalam Lambaga PAUD dan TK;
  5. Memberikan kontribusi pada pencapaian misi, program dan subprogram;
  6. Tujuan mengenai prioritas yang dipilih berdasarkan internal-eksternal assessment atau sebagai respon terhadap isu strategis.
  7. Tujuan tidak memberikan peluang bagi adanya perubahan hingga munculnya perubahan permasalahan lingkuyngan atau kondisi atau sampai tercapainya respon dari isu strategis.
  8. Tujuan umumnya mencakup suatu priode waktu yang relatif lama
  9. Tujuan dapat mengidentifikasi adanya batas persilangan atau gape antara kondisi saat ini dengan yang diharapkan.
  10. Tujuan mencerminkan hasil yang diinginkan dari suatu program atau subprogram yang dicanangkan.
  11. Tujuan Menggambarkan secara jelas arahan bagi organisasi, program dan subprogram, walaupun tidak spesifik.
  12. Tujuan hendaknya masuk dalam suatu kerangka kewenangan dan otoritas organisasi yang sah dan dapat memberikan.
Dalam penyusunan visi, misi dan lembaga PAUD dan TK sebaiknya kita melihat acuan dan standarisasi yang telah ditetapkan. Untuk lembaga PAUD yang ingin lembaganya terakreditasi alangkah baiknya jika visi, misi dan tujuan lembaganya sesuai dengan indikator standar nasional, yaitu harus dapat memenuhi  beberapa indikator dan syarat-syarat antara lain :

Visi lembaga :
Visi dan misi lembaga PAUD dan Taman Kanak-kanak harus menggambarkan visi dan misi itu :

- Singkat padat

- Realistik
- Visioner
- Antisipatif
- Terukur.

Misi lembaga :
Misi lembaga PAUD dan Taman Kanak-kanak harus menggambarkan misi itu :
- Relevan
- Realistik
- Konsisten
- Terukur.

Tujuan Lembaga :
Tujuan Lembaga PAUD dan Taman Kanak-kanak harus menggambarkan bahwa tujuannya :

- Konsisten dengan visi
- Konsisten dengan misi
- Realistik
- Terukur.

Demikian cara membuat visi, misi dan Tujuan lembaga PAUD-TK yang baik dan benar dan sesuai dengan standar, agar lembaga dapat memberikan kualitas layanan yang bermutu dan dapat terakreditasi dengan nilai yang diharapkan.

Baca juga cara mempersiapkan akreditasi lembaga PAUD dan Taman Kanak-kanak Klik di sini !

Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBUAT SENDIRI ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE) UNTUK PAUD-TK

PAUD-AnakBermainbelajar--- Alat Permainan edukatif (APE) adalah alat permainan yang sengaja dirancang secara khusus untuk kepentingan pendidikan. Media Pembelajaran APE untuk anak Pada umumnya pengembangan APE berakar pada jenis permainan yang telah dikembangkan lebih dahulu oleh para pakar dari negara maju. Beberapa jenis APE merupakan hasil kreasi guru sediri yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi lingkungan setempat. Berikut beberapa Jenis APE yang dirancang berdasarkan konsep Pendidikan anak usia dini. Untuk kegiatan pembelajaran di PAUD dan Taman Kanak-kanak, Alat Permainan Edukati - APE juga dapat dipilih dan dirancang sendiri oleh guru-pendidik PAUD dengan memanfaatkan bahan dan media alternatif dari bahan-bahan yang ada dilingkungan sekitar kita. Dalam kenyataannya selama ini banyak guru dan pendidik PAUD sering kali tidak dapat memilih alat permainan edukatif yang tersedia. Kesulitan guru dalam memilih APE yang sesuai bukan disebabkan oleh ketidak mampuan guru dalam me...

FUNGSI BERMAIN BAGI ANAK USIA DINI

PAUD-Anakbermainbelajar-----Anak usia dini memerlukan waktu bermain lebih besar dalam sepanjang harinya. Anak belajar dengan bermain, dengan bermain belajar ini anak akan memiliki ketahanan belajar lebih baik. Dalam bermain anak membuat pilihan, memecahkan masalah, berkomunikasi, dan bernegosiasi. Anak menciptakan peristiwa khayalan, melatih keterampilan fisik, sosial, dan kognitif. Saat bermain anak dapat mengekspresikan dan melatih emosi dan pengalaman dan kejadian yang mereka temui setiap hari. Gambar Anak Bermain : Foto Pixabay Biasanya kegiatan bermain dilakukan sungguh-sungguh oleh seorang anak, sebab kegiatan bermain yang dilakukan oleh anak bersifat rileks dan merupakan kegiatan yang diinginkan dan disenangi. Sehingga berapapun waktu yang tersedia, anak sanggup dengan senang hati mengisinya. Menurut Helms dan dan Turner bermain adalah cara/jalan bagi anak untuk mengungkapkan hasil pemikiran, perasaan dan cara mereka menjelajahi dunia dilingkungannya termasuk membantu anak dalam...