Skip to main content

MODUL KONFRENSI INTERNASIONAL PAUD MERANGKUM RISET PAUD DI DUNIA

PAUD-Anakbermainbelajar----Hasil riset dari berbagai negara di dunia telah menjadi masukan penting dalam konfrensi internasioal PAUD dan pendidikan keluarga yang digelar Southeast Asia Minsters of Education (SEAMEO) Center of Early Childhood Care and Parenting (CECCEP).

Dari hasil kegitan tersebut diharapkan dapat mendorong tercapainya tujuan Sustainaible Development Goals (SDGs) yang ditetapkan Perserikatan Bangsa-bangsa tentang perkembangan, pengasuhan dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang berkualitas.

konfrensi internasioal PAUD dan pendidikan keluarga yang digelar Southeast Asia Minsters of Education (SEAMEO) Center of Early Childhood Care and Parenting (CECCEP)

Para petinggi SEAMEO CECCEP mengungkapkan, salah satu tujuan konferensi internasional PAUD adalah membangun komitmen peserta serta sharing mengenai hasil research di masing-masing negara.

Bagi Indonesia yang juga negara dengan jumlah PAUD yang banyak, kepentingannya sangat jelas dalam rangka mencapai tujuan SDGs Nomor 4 butir 2, yaitu memastikan bahwa pada tahun 2030 seluruh anak memperoleh akses terhadap pendidikan pradasar yang berkualitas.

SEAMEO CECCEP yang juga merupakan lembaga yang berada di bawah naungan Kemetrian Pendidikan dan Kebudayaan, tugas pemertah salah satunya fokus kepada research and development, capacitu building, dan meningkatkan kualitas pembelajaran PAUD. Di konferensi ini kami bisa tahu, membandingkan, dan menampung hasil research pendidikan di negara-negara lain.

Sudut pandang lain mengungkapkan, setiap bangsa punya contoh yang baik dalam mengasuh anak. Hal ini yang coba dikaji dan dikumpulkan bagaimana lokal wisdom* tiap etnik bisa diambil dan diimplementasikan.

Seperti dicontohkan salah satunya di negara Jepang, masyarakatnya rela pajak dinaikan asal uang hasil pajak dialokasikan untuk pendidikan anak usia dini. Semua entitas di masing-masing negara yang base on research menjadi bahan pelajaran untuk didesiminasikan ke guru dan orang tua.

Semua guru berkomitmen pendidikan prasekolah atau satu tahun sebelum SD sangat penting dalam membentuk karakter anak. Kita banyak mencapat contoh baik dari beberapa belahan dunia, hasil konferensi ini menjadi menu bahan ajar dalam bentuk modul yang disusun SEAMEO CECCEP.

Salah satu temuan permasalahan yang menarik, tentang fakta dari fenomena anak usia dini dan balita kecanduan gedget di negara Jepang.

Namun kini negeri tersebut telah berhasil melewati masa suram tersebut, karena jepang sudah memasukan society 5.0 sementara banyak negara lain termasuk Indonesia baru pindah 3.0 ke 4.0. Karena itu, fenomena kecanduan gawai yang terjadi di Indonesia sebagai hal yang lumrah untuk negara berkembang.

Kedepan, ketika memasuki era 5.0, kecanduan gadget di Indonesia akan bisa dikendalikan. Pelajaran yang dapat diambil dari jepang adalah negara tersebut justru memanfaatkan gawai untuk memudahkan pekerjaan dan tugas pendidik dan guru PAUD.

kegiatan yang dapat dilakukan memanfaatkan kemajuan teknologi gadget dengan mengembankan aplikasi dan internet yang mendukung pembelajaran PAUD.    

------------------

Di Indonesia telah dilakukan pemilihan model PAUD di kota batu pada 25-28 Juli 2018. kegiatan ini bertujuan untuk memilih model pendidikan anak usia dini dan parenting yang sudah ada di Indonesia. Kegiatan ini diikuti oleh para pakar pendidikan anak usia dini dan parenting dari institusi yang menjadi mitra SEAMEO CECCEP.


Sumber dan Gambar : seameo-ceccep.org

Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBUAT VISI, MISI, DAN TUJUAN LEMBAGA PAUD-TK YANG BAIK DAN BENAR

PAUD-Anakbermainbelajar -----Visi dan misi pada sebuah lembaga PAUD dan Taman Kanak-kanak, sangat mutlak diperlukan. Hal ini menyangkut bagaimana sebuah lembaga itu berjalan sesuai dengan visi dan misi serta tujuan yang telah ditetapkan. Visi dan misi lembaga tidak asal dibuat untuk dijadikan pajangan di sebuah lembaga, tetapi menjadi acuan penting dalam berjalannya program dan kegiatan lembaga PAUD yang bersangkutan. Pengertian visi dan misi sendiri ada beragam pendapat, beberapa ahli melihat sesuai dengan sudut pandang dan bidang mereka yang dapat kita simpulkan bahwa : Visi visi dalam lembaga pendidikan adalah gambaran proyeksi kedepan berupa pandangan, cita-cita, harapan, dan keinginan lembaga yang ingin diwujudkan di masa mendatang. Misi misi adalah pernyataan berupa tindakan atau upaya yang harus dilakukan dalam mewujudkan visi, oleh karena itu misi merupakan penjabaran operasional dari visi. Adapun fungsi misi yaitu: a.    Sebagai pijakan dalam merumuskan tujuan b....

FUNGSI BERMAIN BAGI ANAK USIA DINI

PAUD-Anakbermainbelajar-----Anak usia dini memerlukan waktu bermain lebih besar dalam sepanjang harinya. Anak belajar dengan bermain, dengan bermain belajar ini anak akan memiliki ketahanan belajar lebih baik. Dalam bermain anak membuat pilihan, memecahkan masalah, berkomunikasi, dan bernegosiasi. Anak menciptakan peristiwa khayalan, melatih keterampilan fisik, sosial, dan kognitif. Saat bermain anak dapat mengekspresikan dan melatih emosi dan pengalaman dan kejadian yang mereka temui setiap hari. Gambar Anak Bermain : Foto Pixabay Biasanya kegiatan bermain dilakukan sungguh-sungguh oleh seorang anak, sebab kegiatan bermain yang dilakukan oleh anak bersifat rileks dan merupakan kegiatan yang diinginkan dan disenangi. Sehingga berapapun waktu yang tersedia, anak sanggup dengan senang hati mengisinya. Menurut Helms dan dan Turner bermain adalah cara/jalan bagi anak untuk mengungkapkan hasil pemikiran, perasaan dan cara mereka menjelajahi dunia dilingkungannya termasuk membantu anak dalam...

CARA MEMBUAT SENDIRI ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE) UNTUK PAUD-TK

PAUD-AnakBermainbelajar--- Alat Permainan edukatif (APE) adalah alat permainan yang sengaja dirancang secara khusus untuk kepentingan pendidikan. Media Pembelajaran APE untuk anak Pada umumnya pengembangan APE berakar pada jenis permainan yang telah dikembangkan lebih dahulu oleh para pakar dari negara maju. Beberapa jenis APE merupakan hasil kreasi guru sediri yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi lingkungan setempat. Berikut beberapa Jenis APE yang dirancang berdasarkan konsep Pendidikan anak usia dini. Untuk kegiatan pembelajaran di PAUD dan Taman Kanak-kanak, Alat Permainan Edukati - APE juga dapat dipilih dan dirancang sendiri oleh guru-pendidik PAUD dengan memanfaatkan bahan dan media alternatif dari bahan-bahan yang ada dilingkungan sekitar kita. Dalam kenyataannya selama ini banyak guru dan pendidik PAUD sering kali tidak dapat memilih alat permainan edukatif yang tersedia. Kesulitan guru dalam memilih APE yang sesuai bukan disebabkan oleh ketidak mampuan guru dalam me...