Skip to main content

MODUL KONFRENSI INTERNASIONAL PAUD MERANGKUM RISET PAUD DI DUNIA

PAUD-Anakbermainbelajar----Hasil riset dari berbagai negara di dunia telah menjadi masukan penting dalam konfrensi internasioal PAUD dan pendidikan keluarga yang digelar Southeast Asia Minsters of Education (SEAMEO) Center of Early Childhood Care and Parenting (CECCEP).

Dari hasil kegitan tersebut diharapkan dapat mendorong tercapainya tujuan Sustainaible Development Goals (SDGs) yang ditetapkan Perserikatan Bangsa-bangsa tentang perkembangan, pengasuhan dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang berkualitas.

konfrensi internasioal PAUD dan pendidikan keluarga yang digelar Southeast Asia Minsters of Education (SEAMEO) Center of Early Childhood Care and Parenting (CECCEP)

Para petinggi SEAMEO CECCEP mengungkapkan, salah satu tujuan konferensi internasional PAUD adalah membangun komitmen peserta serta sharing mengenai hasil research di masing-masing negara.

Bagi Indonesia yang juga negara dengan jumlah PAUD yang banyak, kepentingannya sangat jelas dalam rangka mencapai tujuan SDGs Nomor 4 butir 2, yaitu memastikan bahwa pada tahun 2030 seluruh anak memperoleh akses terhadap pendidikan pradasar yang berkualitas.

SEAMEO CECCEP yang juga merupakan lembaga yang berada di bawah naungan Kemetrian Pendidikan dan Kebudayaan, tugas pemertah salah satunya fokus kepada research and development, capacitu building, dan meningkatkan kualitas pembelajaran PAUD. Di konferensi ini kami bisa tahu, membandingkan, dan menampung hasil research pendidikan di negara-negara lain.

Sudut pandang lain mengungkapkan, setiap bangsa punya contoh yang baik dalam mengasuh anak. Hal ini yang coba dikaji dan dikumpulkan bagaimana lokal wisdom* tiap etnik bisa diambil dan diimplementasikan.

Seperti dicontohkan salah satunya di negara Jepang, masyarakatnya rela pajak dinaikan asal uang hasil pajak dialokasikan untuk pendidikan anak usia dini. Semua entitas di masing-masing negara yang base on research menjadi bahan pelajaran untuk didesiminasikan ke guru dan orang tua.

Semua guru berkomitmen pendidikan prasekolah atau satu tahun sebelum SD sangat penting dalam membentuk karakter anak. Kita banyak mencapat contoh baik dari beberapa belahan dunia, hasil konferensi ini menjadi menu bahan ajar dalam bentuk modul yang disusun SEAMEO CECCEP.

Salah satu temuan permasalahan yang menarik, tentang fakta dari fenomena anak usia dini dan balita kecanduan gedget di negara Jepang.

Namun kini negeri tersebut telah berhasil melewati masa suram tersebut, karena jepang sudah memasukan society 5.0 sementara banyak negara lain termasuk Indonesia baru pindah 3.0 ke 4.0. Karena itu, fenomena kecanduan gawai yang terjadi di Indonesia sebagai hal yang lumrah untuk negara berkembang.

Kedepan, ketika memasuki era 5.0, kecanduan gadget di Indonesia akan bisa dikendalikan. Pelajaran yang dapat diambil dari jepang adalah negara tersebut justru memanfaatkan gawai untuk memudahkan pekerjaan dan tugas pendidik dan guru PAUD.

kegiatan yang dapat dilakukan memanfaatkan kemajuan teknologi gadget dengan mengembankan aplikasi dan internet yang mendukung pembelajaran PAUD.    

------------------

Di Indonesia telah dilakukan pemilihan model PAUD di kota batu pada 25-28 Juli 2018. kegiatan ini bertujuan untuk memilih model pendidikan anak usia dini dan parenting yang sudah ada di Indonesia. Kegiatan ini diikuti oleh para pakar pendidikan anak usia dini dan parenting dari institusi yang menjadi mitra SEAMEO CECCEP.


Sumber dan Gambar : seameo-ceccep.org

Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBUAT SENDIRI ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE) UNTUK PAUD-TK

PAUD-AnakBermainbelajar--- Alat Permainan edukatif (APE) adalah alat permainan yang sengaja dirancang secara khusus untuk kepentingan pendidikan. Media Pembelajaran APE untuk anak Pada umumnya pengembangan APE berakar pada jenis permainan yang telah dikembangkan lebih dahulu oleh para pakar dari negara maju. Beberapa jenis APE merupakan hasil kreasi guru sediri yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi lingkungan setempat. Berikut beberapa Jenis APE yang dirancang berdasarkan konsep Pendidikan anak usia dini. Untuk kegiatan pembelajaran di PAUD dan Taman Kanak-kanak, Alat Permainan Edukati - APE juga dapat dipilih dan dirancang sendiri oleh guru-pendidik PAUD dengan memanfaatkan bahan dan media alternatif dari bahan-bahan yang ada dilingkungan sekitar kita. Dalam kenyataannya selama ini banyak guru dan pendidik PAUD sering kali tidak dapat memilih alat permainan edukatif yang tersedia. Kesulitan guru dalam memilih APE yang sesuai bukan disebabkan oleh ketidak mampuan guru dalam me...

CONTOH KARTU IURAN SUMBANGAN PEMBAYARAN SPP PAUD-TK

PAUD-Anakbermainbelajar ----Sekolah Pendidikan Anak Usia Dini PAUD pada jenjang Kelompok Bermain (KB) dan Taman Kanak-kanak (TK), dalam mendukung jalannya kegiatan pembelajarannya memang sangat membutuhkan dukungan dari masyarakat, terutama untuk honor guru di TK-PAUD swasta. Di sekolah swasta honor guru di sisihkan dari pendapatan lembaga sekolah, diantaranya dari iuran siswa (SPP) sehingga sekolah sangat terbantu untuk membayar honor guru jika keuangan dari orangtua murid itu. Berikut contoh Kartu Iuran sumbangan pembayaran SPP untuk PAUD dan TK yang dapat dibuat oleh lembaga, agar memudahkan bagi sekolah dan orang tua dalam hal pembayaran SPP anaknya. Download Cetakan Kartu Iuran - SPP PAUD dan TK Format MS Word-Excel  di bawah ini : Kartu-Iuran-SPP-Contoh- Lembaga TK-Taman Kanak-kanak !! Link Kartu-Iuran-SPP-Contoh- Lembaga PAUD !! Link   Demikanlah tentang contoh kartu iuran sumbangan pembayaran SPP PAUD dan Taman Kanak-kanak, yang dapat admint blog paud-anakbermainbela...

FUNGSI BERMAIN BAGI ANAK USIA DINI

PAUD-Anakbermainbelajar-----Anak usia dini memerlukan waktu bermain lebih besar dalam sepanjang harinya. Anak belajar dengan bermain, dengan bermain belajar ini anak akan memiliki ketahanan belajar lebih baik. Dalam bermain anak membuat pilihan, memecahkan masalah, berkomunikasi, dan bernegosiasi. Anak menciptakan peristiwa khayalan, melatih keterampilan fisik, sosial, dan kognitif. Saat bermain anak dapat mengekspresikan dan melatih emosi dan pengalaman dan kejadian yang mereka temui setiap hari. Gambar Anak Bermain : Foto Pixabay Biasanya kegiatan bermain dilakukan sungguh-sungguh oleh seorang anak, sebab kegiatan bermain yang dilakukan oleh anak bersifat rileks dan merupakan kegiatan yang diinginkan dan disenangi. Sehingga berapapun waktu yang tersedia, anak sanggup dengan senang hati mengisinya. Menurut Helms dan dan Turner bermain adalah cara/jalan bagi anak untuk mengungkapkan hasil pemikiran, perasaan dan cara mereka menjelajahi dunia dilingkungannya termasuk membantu anak dalam...