PAUD-Anakbermainbelajar---Tahap perkembangan bahasa di tahun pertama kehidupan disebut fase pralinguistik atau prabahasa. Di sini anak benar-benar bergantung pada gerakan tubuh dan suara seperti menangis dan tawa untuk menyampaikan perasaan dan kebutuhannya. Setelah itu akan beranjak ke tahap linguistik atau bahasa pada tahun kedua, dimana berbicara menjadi cara utama untuk berkomunikasi. Di atas usia tiga atau empat tahun, anak belajar menyusun kata-kata untuk membentuk kalimat sederhana kemudian diikuti kalimat gabungan yang masuk akal karena anak telah belajar konstruksi tata bahasa yang tepat. Antara lima sampai tujuh tahun, Sebagian besar anak telah terampil menyampaikan pemikiran dan gagasan mereka secara lisan. Pada usia ini anak umumnya sudah menguasai 14.000 kata atau lebih, yang mungkin dapat berkembang menjadi dua atau tiga kali lipat selama fase anak menengah, hal ini tergantung pada lingkungan bahasa anak.
Perkembangan berbicara dan berbahasa berkaitan erat dengan perkembangan umum kognitif, sosial, perseptual, dan otot sel otak anak. Menurut Bowerman, Levinson, & Levninson, 2001, Perkembangan bahasa dan aturan-aturan pemakaiannya juga dipengaruhi oleh jenis bahasa yang anak dengar di rumah, sekolah dan masyarakatnya. Karenanya perlu dikondisikan lingkungan yang mampu mendukung perkembangan berbicara dan berbahasa anak tersebut.
Ada beberapa tingkatan Perkembangan bahasa anak-anak, yang perlu diperhatikan yang ditandai dengan ciri-ciri yaitu :
- Prestadium. Pada tahun pertama: meraba, kemudian menirukan bunyi-bunyi.
- Masa pertama. ± 12-18 bulan: stadium kalimat satu kata
- Masa kedua. ± 18-24 bulan: mengalami stadium nama.
- Masa ketiga. ± 24-30 bulan: mengalami stadium-flexi, menafsirkan, mengakrapkan kata-kata
- Masa keempat. Mulai usia 30 bulan ke atas: Stadium anak kalimat dan rangkaian kata rumit.
Berikut beberapa Tips Untuk Orang Tua dan pendidik anak usia dini, untuk membantu perkembangan berbahasa anak, baik untuk memasuki perkembangan bahasa lisan maupun bahasa tulisnya yaitu :
- Metode " Lihat, Dengar " Bagi Orang Tua
- Pilih sebuah buku yang amat menarik.
- Pastikan bahwa cetakan besar. Semakin muda anak, harus semakin besar huruf yang digunakan.
- Pilihlah buku dengan banyak gambar dan sedikit kata di setiap halaman.
- Bacakan buku itu untuknya. Jangan menyuruhnya membaca keras-keras.
- Gunakan jari atau petunjuk lain dalam pembacaan Anda.
- Bacalah dalam frase, dengan tekanan pada arti.
- Sesuaikan kecepatan membaca Anda dengan kemampuan anak Anda mengikuti teks.
- Ciptakan suasana gembira dan relaks bagi Anda maupun anak Anda.
Langkah-langkah dan cara mudah dalam melatih anak membaca dengan baik :
- Tunjukkan buku berwarna cerah kepada anak Anda sejak pertama kali Anda membawa dia ke rumah (sedini mungkin). Dan bacakanlah cerita setiap hari.
- Hubungkan membaca dengan semua indera, misalkan membaca kata apel dengan disertai gambar buah apel.
- Namai benda yang bisa dilihat.
- Beri nama hal yang bisa dilakukan.
- Bermain permainan fonetik (kata yang sederhana) , misalkan got, pot,.
- Bermain dengan kata kunci, misalkan kata kuncinya bunga ; mawar, melati, anggrek.
- 24 Langkah awal untuk mahir menulis :
- Bermain dengan bola besar pada masa merangkak.
- Susun cangkir plastik untuk anak berusia 9 hingga 18 bulan.
- Gunakan papan berpasak untuk anak berusia 12 hingga 18 bulan.
- Puzzel sederhana dengan tombol besar untuk anak berusia 18 hingga 24 bulan.
- Menalikan manik-manik besar untuk anak berusia 18 hingga 24 bulan.
- Puzzel tangan yang lebih rumit sejak usia 2 tahun.
- Menuangkan beras dari wadah ke wadah, lalu menuang air.
- Penulisan masa awal.
- Sering-sering bermain air.
- Melukis dengan tangan, spons dan jari.
- Berganti ke bola kecil.
- Papan tulis kecil.
- Makeroni tali antara usia 2 dan 3 tahun.
- Serbet kertas berlipat dari usia 18 bulan.
- Menyusun puzzel besar pada ulang tahun ketiga.
- Menggambar di kertas besar mulai usia 3 tahun.
- Lalu gunakan kertas yang lebih kecil.
- Melatih Kepekaan jari dengan mengenali huruf-huruf timbul.
- Menyemir sepatu pada usia antara 3–5 tahun.
- Menyalin nama sendiri menjelang ulang tahun keempat.
- Anda menuliskan kisah pertamanya, dan anak menulis dengan menjiplak tulisan anda.
- Bantu dia menulis daftar belanja.
- Bermainlah permainan menulis di komputer pribadi.
- Dia " keranjingan " menulis sebelum umur 5 tahun.
Demikian tips dan cara membantu perkembangan bahasa anak, semoga bermanfaat, untuk ayah-bunda, dan pendidik PAUD sekalian dalam rangka membantu pekembangan anak pada umumnya dan perkembangan bahasa anak khususnya. terimakasih. https://paud-anakbermainbelajar.blogspot.co.id/
Comments
Post a Comment