Cara dan teknik pengembangan Tema dalam PAUD
Dalam Pembuatan RKH atau RPP dari acuan kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Di perlukan sebuah pengembangan tema. Banyak pertanyaan dari para Pendidik dan mahasiswa PAUD tentang Bagaimana sebetulnya pengembangan tema itu?. Pada intinya Sebuah tema dapat dikembangkan menjadi sub tema, sub-sub tema, pokok bahasan, dan seterusnya. Jika pertanyaannya seberapa luas sebuah tema dikembangkan? Jawabannya tergantung seberapa luas pendidik dapat memfasilitasi pengembangan tema untuk member pengalaman baru pada anak. Kemampuan dan ketersedian sumber daya di lembaga PAUD sendiri perlu juga dijadikan pertimbangan untuk mengembangkan tema yang cocok untuk kita gunakan. Nah berikut ini contoh tema dan sub tema yang dapat dikembangkan di lembaga PAUD
A. Apa saja yang dapat dijadikan tema
Lembaga dapat mengembangkan tema sesuai dengan kebutuhan, situasi dan kondisi. Dalam buku panduan guru telah diberikan contoh tema yang memiliki beberapa sub-sub tema. berikut ini merupakan salah satu contoh yang dapat digunakan sebagai acuan untuk mengembangkan tema, yaitu :
1. DIRI SENDIRI
a. Aku
Contoh pokok bahasan sub tema "Aku" ;
Senin: "Mengenal identitas diri" (nama, usia, jenis kelamin, nama ayah, nama ibu,, alamat rumah)
Selasa: "Mengetahui anggota tubuh" (Kepala, tangan, kaki, dll)
Rabu: " Ciri-ciri diriku" (warna kulit, jenis rambut keriting/lurus, hidung mancung/pesek, bentuk badan besar/kecil, dll)
Kamis: "Fungsi anggota tubuh" (tangan untuk memegang, kaki untuk berjalan, mulut untu berbicara)
Jumat: "Merawat anggota tubuh" (mencuci tangan, menggosok gigi, mandi dll)
Sabtu: "Praktek merawat anggota tubuh" (menggosok gigi, mencuci tangan, dll)
b. Panca Indra
Contoh pokok bahasan sub tema "Panca Indra";
Senin: "5 panca indra dan fungsinya" (mata, telinga, hidung, kulit, dan lidah. Fungsi; mata untuk melihat, telinga untuk mendengar, kulit untuk meraba/merasakan kasar halus, hidung untuk mencium aroma, lidah untuk mengecap rasa.
Selasa: "Mata/indra penglihatan" (mengetahui terang dan gelap)
Rabu: "Telinga/Indra pendengar" (bersuara/tidak bersuara, suara nyaring/suara lembut)
Kamis: "Hidung/indra penciuman" (wangi/bau tidak sedap, dll)
Jumat: "Kulit/indra peraba" ( merasakan kasar, halus, tajam, panas, dingin)
Sabtu: Lidah/indra perasa" (mengetahui macam-macam rasa yaitu manis, asam, asin, pedas, pahit, hambar, rasa strowberry, rasa vanila, rasa coklat, dll)
c. Kesukaanku
Contoh pokok bahasan sub tema "Kesukaanku" ;
Senin: Makanan yang disukai
Selasa: Minuman yang disukai
Rabu: Warna yang disukai
Kamis: Permainan yang disukai
Jumat: Kegiatan yang disukai (memancing, berenang, bersepeda, dll)
Sabtu: Tempat rumah makan atau resto yang disukai.
2. LINGKUNGANKU
a. Lingkungan Keluarga
contoh pokok bahasan sub tema "Keluargaku";
Senin: "Mengenal anggota keluarga" (ayah/ibu, kakak/adik, kakek/nenek, paman/bibi, keponakan)
Selasa: "Mengetahui pekerjaan anggota keluarga" (pekerjaan ayah/ibu)
Rabu: "Tugas anggota keluarga" (ayah bekerja, ibu menjadi ibu rumah tangga membereskan rumah dan mengurus anak)
Kamis: "Tata tertib dalam keluarga" (berpamitan jika ingin bermain diluar, mengetuk pintu sebelum masuk ruangan, pulang bermain tepat waktu dll)
Jumat: Binatang peliharaan keluarga di rumah
Sabtu: "Kebiasaan dalam keluarga"Setiap pagi selalu sarapan pagi, setelah makan mencuci piring, dll)
b. Lingkungan Rumah
contoh pokok bahasan sub tema "Lingkungan Rumah";
Senin: "Kegunaan rumah" (sebagai tempat tinggal, tempat perlindungan dari panas dan hujan)
Selasa: "Jenis rumah" (rumah ibadah; Gereja, masjid, pura, wihara). (Rumah adat; betang, joglo, limasan). (Rumah tempat berobat; rumah sakit, puskesmas, poloklinik, rumah bersalin). (rumah hewan peliharaan; Kandang dll)
Rabu: "Mengetahui alamat rumah sendiri"
Kamis: "Bagian-bagian rumah" (pintu, jendela, atap, ruang tamu, ruang keluarga, kamar tidur, dapur, kamar mandi/wc, halaman rumah)
Jumat: "Lingkungan rumah" (warung/toko sekitar rumah, tetangga sekitar rumah)
Sabtu: "Halaman rumah" (halaman memiliki pagar, terdapat kolam di halaman, terdapat taman bunga)
c. Lingkungan Sekolah
contoh pokok bahasan sub tema "Lingkungan Sekolah";
Senin: "Fungsi Sekolah/PAUD" (sebagai tempat belajar, sebagai bermain dan melatih bersosialisai, dll)
Selasa: "Bagian-bagian Sekolah" (kantor sekolah, ruang kelas, ruang guru, ruang TU, ruang UKS, ruang bermain, ruang perpustakaan, ruang sentra balok, ruang sentra sains, wc, ruang dapur, gudang sekolah, dll)
Rabu: "Anggota Sekolah" (kepala sekolah, guru, tata usaha, murid, tukang kebun/penjaga kebersihan jika ada, dll)
Jumat: "Lingkungan sekolah" (misal sekolah berdekatan dengan sekolah lain seperti SD, SMP, kantor kelurahan, puskesmas, dll)
Sabtu: "Tata tertib sekolah" (belajar, bermain, istirahat makan minum pada jam yang ditentukan, datang ke sekolah tepat waktu)
d. Lingkungan Alam
"Kotaku"
"Desaku"
"Gunung"
"Bukit"
"Lingkungan nelayan/pesisir pantai" dll.
e. Lingkungan Sosial
"Tetanggaku"
"Teman bermain"
"Gotong royong bersama"
"Pos hansip" .
3. KEBUTUHANKU
a. "Kebutuhan akan kesehatan" (obat-obatan, rumah sakit, puskesmas, dll)
b. "Kebutuhan akan makanan/minuman" (peralatan memasak; peralatan makan/minum)
c. "Kebutuhan akan kebersihan" (Peralatan kebersihan; sapu, serok, tempat sampah, sikat wc, dll, peralatan mandi; gayung, sabun mandi, sikat gigi, pasta gigi, dll)
d. "Kebutuhan akan keamanan" (polisi, satpam, pos hansip, dll)
e. "Kebutuhan pendidikan" (peralatan belajar; peralatan sekolah; buku, pensil, penghapus, alat bermain)
4. BINATANG
a. Binatang yang hidup di air (ikan lele, ikan mas, dll)
b. Binatang yang hidup di laut (lumba-lumba, cumi-cumi, dll)
c. Binatang yang hidup di udara (burung pipit, kekelawar, dll)
d. Binatang yang bertelor (ayam, itik)
e. Binatang yang beranak(kucing, anjing)
f. Binatang omnivora, herbivora, karnivora.
g. Binatang peliharaan (kucing, anjing, dll)
h. Binatang buas (macan, singa, buaya, dll)
i. hewan ternak (sapi, kambing, ayam, domba, bebel, dll)
5. TANAMAN
a. Buah-buahan
b. Sayur-sayuran
c. Tanaman hias
d. Tanaman apotik hidup/bisa dijadikan obat
6. REKREASI
a. Bercerita tentang tempat berlibur atau berekreasi (bukit tangkiling, ujung pandaran, dll)
7. PEKERJAAN
a. Pekerjaan ayah/ibu, pekerjaan kakek/nenek
b. macam-macam pekerjaan (dokter, perawat, guru, polisi, petani, peternak dll)
8. AIR / UDARA / API
a. Manfaat air
b. Manfaat udara
c. Manfaat api
d. Bahaya air
e. Bahaya udara tercemar (jika menghirup gas beracun, menghirup polusi udara)
f. Bahaya api
9. ALAT KOMUNIKASI
a. telepon, pos surat, dll
10. ALAT TRANSPORTASI
a. Kendaraan roda dua
b. Kendaraan roda tiga
d. Kendaraan roda empat
11. TANAH AIRKU
a. Lambang negara
b. Bendera negara
c. Lagu kebangsaan
d. Pahlawan nasional
e. Lagu nasional
12. ALAM SEMESTA
a. Matahari, bulan, bintang, bumi (manfaat matahari bagi manusia dll)
b. Gejala alam (terjadinya banjir, gunung meletus, gempa bumi, tanah longsor)
c. Terjadinya siang dan malam
d. Terjadinya pelangi.
13. BUDAYA
a. Pakaianku (pakaian adat dayak, pakaian adat batak, pakaian adat jawa, dll)
b. Makanan (masakan khas indonesia, masakan khas negara lain, dll)
c. Tari-tarian (tarian khas dayak, tarian khas bali, tarian khas jawa)
d. Permainan tradisional (permainan tradisional khas kalimantan, tarian tradisional khas jawa, dll)
e. Sopan santun.
14. HARI BESAR AGAMA
a. Natal
b. Idul Fitri
c. Idul Adha
d. Nyepi
e. Waisak, dll
secara ringkas tema-tema tersebut dikembangkan berdasarkan tema-tema pokok berikut ini;
Atau ringkasan berikut ini;
Berdasarkan pembahasan, uraian dan contoh-contoh di atas, dapat kita lihat bahwa sebuah tema seharusnya memang menjadi tema-tema yang lebih khusus. ternyata banyak sekali hal yang bisa dijadikan tema untuk dikembangkan dalam kegiatan pembelajaran PAUD.
B. Keluasan Tema
Sebuah tema dapat dikembangkan menjadi sub tema yang beragam tergantung bagaimana pendidik mampu mengembangkan tema untuk memberikan pengalaman belajar pada anak. Pendidik bebas menentukan pokok bahasan pada setiap tema seluas-luasnya.
C. Berapa lama waktu yang dibutuhkan
Tema bisa dilaksanakan sesuai kebutuhan anak. artinya sebuah tema bisa dilaksanakan dalam waktu lama atau singkat. ada kalanya suatu tema membutuhkan waktu 2 minggu atau bahkan lebih. Seperti halnya tema dan sub tema di atas, tema lingkunganku tidak harus dilaksanakan dalam 4 minggu tergandung bagaimana pendidik mengembangkan sub tema dari tema tersebut. Jika tema lingkungan tersebut dikembangkan akan menghasilkan sub tema yang beragam seperti lingkungan sosial, lingkungan alam, dan lain sebagainya.
Demikian semoga bermanfaat. Terimakasih
Comments
Post a Comment