Skip to main content

TIPS MELATIH ANAK YANG MENULIS DENGAN TANGAN KIRI (KIDAL)

PAUD-Anakbermainbelajar-----Bunda dan ayah, yang mempunyai anak dengan kecendrungan menggunakan tangan kiri alias kidal. Bagi anak kidal, kesulitan yang ia hadapi saat belajar adalah aktivitas menulis. Ini tentu menjadi tantangan bagi orang tua dalam mengasuh dan membimbingnya. Tetapi perlu diingat bunda tidak salah jika anak menggunakan tangan kidal, karena Orang-orang yang kidal atau lebih mengandalkan tangan kirinya, misalnya dalam hal menulis, bisa berbangga hati. Pasalnya, sebuah studi menemukan bahwa orang-orang yang kidal memiliki kelebihan tertentu dan memiliki kemampuan lebih baik dalam suatu bidang tertentu jika dibanding orang yang menulis dengan tangan kanannya. 

Pada anak yang biasa saja menggunakan tangan kanan, tentunya tidak terdapat masalah dalam hal pola gerakannya menulis. Karena pada umumnya anak melakukan segala aktivitasnya dengan tangan kanan, tetapi ini justru kebalikannya bagi anak yang menulis dengan tangan kiri. Jika si tangan kanan menulis dengan menarik pensil di atas kertas dan meninggalkan jejak tulisan, maka anak kidal mendorong pensilnya di atas kertas dan mendorong tangannya di atas jejak tulisan.

Gambar anak menulis tangan kiri - Foto: Popsugar.com

Sebagai orang tua, melihat anaknya seperti itu pasti akan merasa terbebani. Setiap orang tua akan mencari tahu bagaimana cara dan apa saja langkah-langkah yang harus dilakukan agar anak bisa menulis dengan baik dan benar dengan tangan kirinya? 

Berikut cara cerdas untuk melatih menulis pada anak kidal yang bisa dilakukan oleh orang tua di rumah.

Pertama, pilihlah bangku dan meja yang tidak melebihi tinggi badannya. Usahakan orang tua memilihkan bangku dan meja yang membuat anak tidak membungkuk dan tidak pula menjinjit. Sehingga ia tidak kesulitan saat menulis.

Kedua, agar anak fokus dan konsentrasi biasanya juga membutuhkan kenyamanan. Untuk itu perhatikan tempat duduk si anak. Biarkan anak mencari posisi duduk senyaman mungkin. Sehingga ia bisa menikmati dan bersemangat melakukan aktivitas menulis.

Ketiga, perhatikanlah antara posisi kertas dan pensil. Seperti anak yang menggunakan tangan kanan, posisi kertas berada di sisi kiri sebelah atas. Biasanya ia akan merasa nyaman menulis dimulai dari tengah dengan posisi kertas miring. Sedangkan untuk posisi pensil juga miring, ajari anak juga untuk memegang pensil dengan menggunakan ibu jari dan jari telunjuk. Selain itu sediakan kertas yang lebih besar agar anak bebas berlatih menulis.

Keempat, kenalkan pada anak huruf alphabet melalui permainan terlebih dahulu. Misalnya, orang tua menyediakan kertas besar yang sudah berisi huruf acak. Kemudian meminta anak untuk mencari huruf yang sama dan minta pada anak pula untuk melingkarinya. Sehingga paham dasar-dasar menulis terlebih dahulu dan hafal huruf alphabet dari A-Z.

Kelima, setelah anak paham dan hafal huruf alphabet maka cara cerdas selanjutnya adalah ajari anak menebalkan huruf. Hal ini dilakukan agar anak bisa menulis huruf dengan baik dan benar. Selain itu juga agar anak fokus pada tulisan yang ia tulis.

Keenam, barulah anak diajarkan menulis beberapa kalimat sederhana yang berkaitan dengan kegiatan sehari-hari. Misalnya, Ibu pergi ke pasar, Ayah membawa kue untuk nenek dan kalimat sederhana lainnya. Kenapa harus kalimat yang berkaitan dengan kegiatan sehari-hari? Sebab dengan cara seperti ini anak tidak hanya akan bisa menulis tetapi juga paham dengan apa yang ia tulis.

Dengan keenam cara cerdas ini, akhirnya anak kidal akan berhasil menulis. Untuk mendorong keberhasilannya juga dibutuhkan kesabaran dari orang tua dan pendidik PAUD saat membimbingnya. Selamat mencoba.

Sumber: dirangkum dari laman sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id

Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBUAT VISI, MISI, DAN TUJUAN LEMBAGA PAUD-TK YANG BAIK DAN BENAR

PAUD-Anakbermainbelajar -----Visi dan misi pada sebuah lembaga PAUD dan Taman Kanak-kanak, sangat mutlak diperlukan. Hal ini menyangkut bagaimana sebuah lembaga itu berjalan sesuai dengan visi dan misi serta tujuan yang telah ditetapkan. Visi dan misi lembaga tidak asal dibuat untuk dijadikan pajangan di sebuah lembaga, tetapi menjadi acuan penting dalam berjalannya program dan kegiatan lembaga PAUD yang bersangkutan. Pengertian visi dan misi sendiri ada beragam pendapat, beberapa ahli melihat sesuai dengan sudut pandang dan bidang mereka yang dapat kita simpulkan bahwa : Visi visi dalam lembaga pendidikan adalah gambaran proyeksi kedepan berupa pandangan, cita-cita, harapan, dan keinginan lembaga yang ingin diwujudkan di masa mendatang. Misi misi adalah pernyataan berupa tindakan atau upaya yang harus dilakukan dalam mewujudkan visi, oleh karena itu misi merupakan penjabaran operasional dari visi. Adapun fungsi misi yaitu: a.    Sebagai pijakan dalam merumuskan tujuan b.    Sebagai ti

LIRIK LAGU GO GREEN - SUPER SEVEN - UNTUK PENTAS DANCE ANAK PAUD

PAUD--Anakbermainbelajar--Lirik Lagu "Go Green" yang populer sejak tahun 2012 ini, seolah menjadi lagu wajib Yang sering dibawakan jika ada kegiatan pentas Anak PAUD dan TK. Lagu "Go Green" dari Super Seven ini mengisahkan dan menghimbau kita untuk mencintai bumi kita yang hijau sebagai ciptaan Tuhan. Cocok sekali untuk penanaman cinta alam menuju bumi hijau dan indonesia Hijau, dalam tema cinta alam sekitar. Dipopulerkan sejak 2012 oleh Kids Fest-super Seven. Lagu ini ada di dalam album The Adventure yang didistribusikan oleh label Keci Music Indonesia. Nah buat yang belum hapal lagunya berikut ini Admint tulis lagi lirik lagunya biar nanti persiapan latihan buat pentasnya bisa lancar ya... Ayo "Go Green".. LIRIK LAGU GO GREEN - SUPER SEVEN Ayo kita maju, mari kita lakukan selalu (go green) jangan pantang nyerah, kita memang yang harus memulai (go green, go green, go green) demi masa depan agar negeri kita kan selalu (go green, go green) jaga bumi ini kit

CARA DAN UPAYA PENCEGAHAN TERJADINYA KECELAKAAN PADA ANAK USIA DINI

PAUD-Anakbermainbelaja r---Anak usia dini selalu aktif bereksplorasi dengan keingintahuan yang amat tinggi. Semua benda baru dan menarik akan diamati dan dipelajarinya dengan seksama. Mereka belum mengetahui dan menyadari jika ada hal yang membahayakan dirinya. Keingintahuannya yang besar akan medorong anak tergerak untuk memanjat furniture, memasuki lemari, meraih apapun yang menarik, memasukan benda ke dalam mulut dan hidungnya, menggoyang-goyang dan mendorong TV, bahkan akan memasukan tangannya ke colokan listrik. Ini adalah perilaku positif untuk mereka menjadi lebih cerdas dari waktu ke waktu. Tugas pendidik dan pengelola adalah memastikan semua yang berada di dekat anak aman dan edukatif. Aturan umum untuk menciptakan lingkungan aman bagi anak usia dini adalah semua area dan benda-benda yang berada dalam radius jangkauan harus aman jika menjadi pusat perhatian dan bahan eksplorasi anak. Semua sudut dan sentra harus terhindar dari barang kondisi tempat yang membahayakan anak. Keam