Skip to main content

PANDUAN BELAJAR DALAM JARINGAN (PENILAIAN PERKEMBANGAN ANAK SELAMA BELAJAR DARI RUMAH)


PAUD-Anakbermainbelajar----Seperti kita ketahui bersama Pandemi Covid-19 menyebabkan kegiatan pembelajaran di lembaga PAUD harus dilakukan di rumah. Kegiatan pembelajaran di rumah, yang disebut juga belajar Berbasis Home Learning dilakukan sepanjang masih terjadinya Pandemi Covid-19. Ada beberapa daerah yang telah memperpanjang kegiatan belajar di rumah bagi sekolah-sekolah yang termasuk dalam Zona Merah Covid-19. Semakin panjangnya masa kegiatan home learning tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi sekolah dan komponen yang terkait di dalamnya untuk melakukan pembelajaran jarak jauh atau belajar dalam Jaringan (Daring). Karena pembelajaran jarak jauh (Daring) membutuhkan berbagai macam pertimbangan. Salah satunya adalah bagaimana menciptakan pembelajaran jarak jauh yang kreatif, inovatif dan inspiratif di tengah-tengah serba keterbatasan dan hambatan karena pandemi covid-19 ini.

Dalam pembelajaran PAUD yang juga berbasis tematik, perlu melakukan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan tema dan tahap perkembangan anak usia dini secara mandiri di rumah bersama orang tua dan keluarga. Setelah kegiatan pembelajaran dengan tema tertentu selesai, maka perlu dipersiapkan juga pembelajaran berbasis home learning  memasuki tema dan evaluasi selanjutnya, hal ini tentunya perlu dilakukan evaluasi untuk menentukan pencapaian perkembangan peserta didik. Kegiatan ini pun dibutuhkan pula peran berbagai komponen terutama sekali para guru, orang tua dan media pembelajaran untuk mendukung kegiatan pembelajaran Berbasis Home Learning atau Kegiatan Belajar dalam Jaringan. Salah satu cara yang dapat dilakukan guru dan pendidik adalah membagikan soal atau materi kegiatan pada peserta didik dengan memanfaatkan media komunikasi dan media sosial, seperti; Facebook, WhatsApp, Email dan lainya.  Selanjutnya peran orang tua dan anaklah yang menentukan kelancaran proses pembelajaran itu di rumah. 

Berikut ini Panduan atau acuan belajar dalam jaringan dengan Judul "Penilaian Perkembangan Anak Selama Belajar dari Rumah" Yang diterbitkan oleh :Direktorat PAUD Kemdikbud (Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan) Tahun 2020.


Adapun Isi Panduan Belajar Dalam Jaringan "Rencana Pelaksanaan Pembelajaran" Ini meliputi materi - materi berupa:

  • Apa yang dimaksud Perencanaan
  • Siapa yang menyusun Perencanaan 
  • Mengapa Guru perlu menyusun Perencanaan
  • kapan Guru Perlu Menyusun Perencanaan
  • Perencanaan Apa yang Harus Disusun Oleh Guru
  • Apa Yang harus diperhatikan oleh guru sebelum menyusun RPPM
  • Bagaimana Cara Menyusun RPPM ?


Untuk materi Panduan belajar dalam jaringan  "Penilaian Perkembangan Anak Selama Belajar dari Rumah"  selengkapnya dapat di Download di sini !!

Download atau Unduh Buku Bahan Panduan di sini !!



Download juga Buku bahan-bahan lainnya di bawah ini :

Pentingnya Bermain Bagi Anak Usia Dini (Download File !! Link)

Bermain Bahasa di Rumah (Download File !! Link)

Bermain Matematika yang menyenangkan dengan anak di rumah (Download File !! Link)

Bermain Musik dan Gerak (Download File !! Link)

Bermain Sains (Download File !! Link)

Bermain Seni Kriya (Download File !! Link)

Mengenal Dukungan Psikologi Awal (DPA) Bagi orang Tua Anak Usia Dini (Download File !! Link)

Media Daring (Tutorial Webex Zoom, dan Google Drive) (Download File !! Link)

Membangun Komunikasi Positif Antara Guru PAUD dengan Orang Tua Murid Pada Saat Penerapan Kebijakan Belajar Dari Rumah. (Download File !! Link)

Pengasuhan Positif (Download File !! Link)

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Download File !! Link)

Penilaian Perkembangan Anak Selama Belajar dari Rumah (Download File !! Link).

Demikian Panduan Belajar dalam Jaringan dengan judul Pentingnya Bermain Bagi Anak Usia Dini, semoga bermanfaat. Terimakasih sudah berkujung diblog paud-anakbermainbelajar ini. Sukses selalu.



Sumber  Bahan :
Direktorat PAUD Kemdikbud (Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan) Tahun 2020.

Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBUAT VISI, MISI, DAN TUJUAN LEMBAGA PAUD-TK YANG BAIK DAN BENAR

PAUD-Anakbermainbelajar -----Visi dan misi pada sebuah lembaga PAUD dan Taman Kanak-kanak, sangat mutlak diperlukan. Hal ini menyangkut bagaimana sebuah lembaga itu berjalan sesuai dengan visi dan misi serta tujuan yang telah ditetapkan. Visi dan misi lembaga tidak asal dibuat untuk dijadikan pajangan di sebuah lembaga, tetapi menjadi acuan penting dalam berjalannya program dan kegiatan lembaga PAUD yang bersangkutan. Pengertian visi dan misi sendiri ada beragam pendapat, beberapa ahli melihat sesuai dengan sudut pandang dan bidang mereka yang dapat kita simpulkan bahwa : Visi visi dalam lembaga pendidikan adalah gambaran proyeksi kedepan berupa pandangan, cita-cita, harapan, dan keinginan lembaga yang ingin diwujudkan di masa mendatang. Misi misi adalah pernyataan berupa tindakan atau upaya yang harus dilakukan dalam mewujudkan visi, oleh karena itu misi merupakan penjabaran operasional dari visi. Adapun fungsi misi yaitu: a.    Sebagai pijakan dalam merumuskan tujuan b.    Sebagai ti

LIRIK LAGU GO GREEN - SUPER SEVEN - UNTUK PENTAS DANCE ANAK PAUD

PAUD--Anakbermainbelajar--Lirik Lagu "Go Green" yang populer sejak tahun 2012 ini, seolah menjadi lagu wajib Yang sering dibawakan jika ada kegiatan pentas Anak PAUD dan TK. Lagu "Go Green" dari Super Seven ini mengisahkan dan menghimbau kita untuk mencintai bumi kita yang hijau sebagai ciptaan Tuhan. Cocok sekali untuk penanaman cinta alam menuju bumi hijau dan indonesia Hijau, dalam tema cinta alam sekitar. Dipopulerkan sejak 2012 oleh Kids Fest-super Seven. Lagu ini ada di dalam album The Adventure yang didistribusikan oleh label Keci Music Indonesia. Nah buat yang belum hapal lagunya berikut ini Admint tulis lagi lirik lagunya biar nanti persiapan latihan buat pentasnya bisa lancar ya... Ayo "Go Green".. LIRIK LAGU GO GREEN - SUPER SEVEN Ayo kita maju, mari kita lakukan selalu (go green) jangan pantang nyerah, kita memang yang harus memulai (go green, go green, go green) demi masa depan agar negeri kita kan selalu (go green, go green) jaga bumi ini kit

CARA DAN UPAYA PENCEGAHAN TERJADINYA KECELAKAAN PADA ANAK USIA DINI

PAUD-Anakbermainbelaja r---Anak usia dini selalu aktif bereksplorasi dengan keingintahuan yang amat tinggi. Semua benda baru dan menarik akan diamati dan dipelajarinya dengan seksama. Mereka belum mengetahui dan menyadari jika ada hal yang membahayakan dirinya. Keingintahuannya yang besar akan medorong anak tergerak untuk memanjat furniture, memasuki lemari, meraih apapun yang menarik, memasukan benda ke dalam mulut dan hidungnya, menggoyang-goyang dan mendorong TV, bahkan akan memasukan tangannya ke colokan listrik. Ini adalah perilaku positif untuk mereka menjadi lebih cerdas dari waktu ke waktu. Tugas pendidik dan pengelola adalah memastikan semua yang berada di dekat anak aman dan edukatif. Aturan umum untuk menciptakan lingkungan aman bagi anak usia dini adalah semua area dan benda-benda yang berada dalam radius jangkauan harus aman jika menjadi pusat perhatian dan bahan eksplorasi anak. Semua sudut dan sentra harus terhindar dari barang kondisi tempat yang membahayakan anak. Keam