Skip to main content

APLIKASI DAPODIK VERSI 3.3.0 TAHUN 2018 DENGAN PERUBAHANNYA TERBARU

PAUD-anakbermainbelajar----Tahun Pelajaran 2018/2019 telah dimulai dengan program baru dan peserta didik yang baru, maka dimulainya juga entry data pada Pendataan Pokok Pendidikan atau lebih dikenal dengan “DAPODIK” yang baru pula. Untuk Satuan Pendidikan Tingkat Pendidikan Anak Usia Dini telah diterapkan juga pendataan melalui Aplikasi Dapodik PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini).

Situs Portal Resmi Kemendikbud

Aplikasi DAPODIK yang dapat diakses melalui situs resmi dari Portal Kemendikbud Portal Resmi Data Pokok Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat ini, Di Awal Tahun Pelajaran 2018/2019 Aplikasi Dapodik PAUD telah di dillis Versi Terbaru yaitu Versi 3.3.0 2018 dengan adanya beberapa perubahan fitur nya yaitu antara lain :

1.  [Pembaruan] Mengaktifkan Regestrasi Offline
2.  [Pembaruan] Mengaktifkan Sinkronisasi Offline
3.  [Pembaruan] Menghilangkan tombol tambah PTK
4.  [Pembaruan] Menon-aktifkan fitur penugasan, untuk diinput di Manajemen 
    Dapodik
5.  [Pembaruan] Menon-aktifkan beberapa inputan di PTK untuk diinput di 
    Manajemen Dapodik
6.  [Perbaikan] Isian layanan di Rombongan Belajar (Rombel) default terisi

Dalam versi ini perubahan terjadi pada GTK atau PTK dimana untuk mengeluarkan atau merubah GTK/PTK tertentu harus melalui admin operator di Di di Dinas Pendidikan Masing-masing.

Secara umum perubahan yang terdapat pada versi ini adalah sebagai berikut :
  1. Kode Registrasi PAUD diubah menjadi kode registrasi sepanjang 36 karakter.
  2. Satuan Pendidikan PAUD diberikan pilihan menggunakan aplikasi Dapodik Offline dan Online, sesuai dengan kemampuan jaringan di daerah masing-masing.
  3. Manajemen PTK (Penambahan, Penugasan PTK, Mutasi PTK) tidak lagi dilakukan oleh Satuan Pendidikan tetapi dilakukan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota.
  4. Aplikasi Dapodik Offline (PAUD) dapat menggunakan username dan password Dapodik yang sama dengan tahun ajaran lalu, tetapi menggunakan kode registrasi 36 karakter.

Selain menghubungi Dinas Pendidikan, Satuan Pendidikan/Lembaga dapat mengetahui kode registrasi baru dengan login ke manajemen menggunakan akun Dapodik tahun ajaran lalu.

Tentang pembaruan pada pengaktifan “REGESTRASI OFFLINE’ & “SINKRONISASI OFFLINE” ini dilakukan secara offline baik Regestrasi maupun Sinkronisasi yaitu dengan mengirimkan file backup untuk di upload melalui bantuan dinas setempat atau melalui link manajemenpaud-dikmas. Metode ini dilakukan dengan cara mendaftarkan data pengguna/operator lembaga melalui manajemenpaud-dikmas, kemudian mendownload file prefill yang akan digunakan untuk regestrasi offline di Aplikasi Dapodik PAUD.

(namun sebagai catatan : untuk Regestrasi dan Sinkronisasi offline ini hanya diberlakukan untuk beberapa wilayah yang sudah ditentukan oleh Ditjen PAUD-Dikmas KemdikbudUntuk wilayah selain yang sudah ditentukan, supaya tetap menggunakan metode sinkronisasi online).

Demikian tentang Aplikasi Dapodik versi terbaru 3.3.0 tahun 2018 dengan perubahannya, semoga bermanfaat. terimakasih.

Update Aplikasi Dapodik versi terbaru 3.3.1 tahun 2018 di sini !!https://drive.google.com/file/d/1yV5C5EBtQ_z3QbNNizDbiI3abyRYif-j/view

Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBUAT VISI, MISI, DAN TUJUAN LEMBAGA PAUD-TK YANG BAIK DAN BENAR

PAUD-Anakbermainbelajar -----Visi dan misi pada sebuah lembaga PAUD dan Taman Kanak-kanak, sangat mutlak diperlukan. Hal ini menyangkut bagaimana sebuah lembaga itu berjalan sesuai dengan visi dan misi serta tujuan yang telah ditetapkan. Visi dan misi lembaga tidak asal dibuat untuk dijadikan pajangan di sebuah lembaga, tetapi menjadi acuan penting dalam berjalannya program dan kegiatan lembaga PAUD yang bersangkutan. Pengertian visi dan misi sendiri ada beragam pendapat, beberapa ahli melihat sesuai dengan sudut pandang dan bidang mereka yang dapat kita simpulkan bahwa : Visi visi dalam lembaga pendidikan adalah gambaran proyeksi kedepan berupa pandangan, cita-cita, harapan, dan keinginan lembaga yang ingin diwujudkan di masa mendatang. Misi misi adalah pernyataan berupa tindakan atau upaya yang harus dilakukan dalam mewujudkan visi, oleh karena itu misi merupakan penjabaran operasional dari visi. Adapun fungsi misi yaitu: a.    Sebagai pijakan dalam merumuskan tujuan b.    Sebagai ti

LIRIK LAGU GO GREEN - SUPER SEVEN - UNTUK PENTAS DANCE ANAK PAUD

PAUD--Anakbermainbelajar--Lirik Lagu "Go Green" yang populer sejak tahun 2012 ini, seolah menjadi lagu wajib Yang sering dibawakan jika ada kegiatan pentas Anak PAUD dan TK. Lagu "Go Green" dari Super Seven ini mengisahkan dan menghimbau kita untuk mencintai bumi kita yang hijau sebagai ciptaan Tuhan. Cocok sekali untuk penanaman cinta alam menuju bumi hijau dan indonesia Hijau, dalam tema cinta alam sekitar. Dipopulerkan sejak 2012 oleh Kids Fest-super Seven. Lagu ini ada di dalam album The Adventure yang didistribusikan oleh label Keci Music Indonesia. Nah buat yang belum hapal lagunya berikut ini Admint tulis lagi lirik lagunya biar nanti persiapan latihan buat pentasnya bisa lancar ya... Ayo "Go Green".. LIRIK LAGU GO GREEN - SUPER SEVEN Ayo kita maju, mari kita lakukan selalu (go green) jangan pantang nyerah, kita memang yang harus memulai (go green, go green, go green) demi masa depan agar negeri kita kan selalu (go green, go green) jaga bumi ini kit

CARA DAN UPAYA PENCEGAHAN TERJADINYA KECELAKAAN PADA ANAK USIA DINI

PAUD-Anakbermainbelaja r---Anak usia dini selalu aktif bereksplorasi dengan keingintahuan yang amat tinggi. Semua benda baru dan menarik akan diamati dan dipelajarinya dengan seksama. Mereka belum mengetahui dan menyadari jika ada hal yang membahayakan dirinya. Keingintahuannya yang besar akan medorong anak tergerak untuk memanjat furniture, memasuki lemari, meraih apapun yang menarik, memasukan benda ke dalam mulut dan hidungnya, menggoyang-goyang dan mendorong TV, bahkan akan memasukan tangannya ke colokan listrik. Ini adalah perilaku positif untuk mereka menjadi lebih cerdas dari waktu ke waktu. Tugas pendidik dan pengelola adalah memastikan semua yang berada di dekat anak aman dan edukatif. Aturan umum untuk menciptakan lingkungan aman bagi anak usia dini adalah semua area dan benda-benda yang berada dalam radius jangkauan harus aman jika menjadi pusat perhatian dan bahan eksplorasi anak. Semua sudut dan sentra harus terhindar dari barang kondisi tempat yang membahayakan anak. Keam